Berita Terkait
Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Komisi Pemilihan Umum Balikpapan secara resmi memulai tahapan Pemilihan Gubernur Kalimantan Timur (Pilgub Kaltim) untuk wilayah Kota Balikpapan pada Kamis (14/3).

"Kami mulai dengan seleksi PPK untuk tingkat kecamatan dan PPS untuk tingkat kelurahan," kata Sekretaris KPU Balikpapan Aminullah di Balikpapan, Rabu.

Waktu peluncuran tahapan pilgub tersebut disepakati pada pertemuan KPU kabupaten/kota se-Kaltim dengan KPU Kaltim di Tanjung Redeb, Berau, beberapa waktu lalu.

Aminullah juga menyebutkan daftar pemilih tetap (DPT) Pilgub Kaltim untuk Balikpapan masih dalam proses validasi.

"Karena kan ada warga yang ber-KTP ganda, termasuk yang meninggal, menikah, pindah ke luar daerah, dan lainnya," katanya.

Pada pemilihan wali kota 2011 silam, DPT Kota Balikpapan mencapai 400 ribu orang dari jumlah penduduk 650.000 jiwa. Jumlah DPT tersebut dipastikan bertambah.

KPU Balikpapan juga meminta tambahan dana Rp2 miliar untuk menyelenggarakan pilgub. Sebelumnya sudah disediakan anggaran Rp15 miliar sehingga jika permintaan tambahan dana itu dikabulkan maka seluruhnya menjadi Rp17 miliar.

Tambahan dana Rp2 miliar itu diharapkan Aminullah dari APBD Kaltim 2013 dan APBD-P pertengahan tahun nanti.

"Dana itu diperlukan untuk sejumlah penambahan karena pemekaran wilayah dan pertambahan jumlah penduduk," ujarnya.

Balikpapan yang sebelumnya terdiri dari lima kecamatan yakni Kecamatan Balikpapan Utara, Timur, Selatan, Barat, dan Tengah kini menjadi enam kecamatan dengan adanya kecamatan baru yakni Kecamatan Balikpapan Kota.

Demikian juga dengan kelurahan yang sebelumnya berjumlah 27 kini menjadi 34 kelurahan.

"Karena itu itu jumlah tempat pemungutan suara (TPS) dan perangkatnya pun bertambah, yaitu dari 1.128 TPS menjadi 1.150 TPS," kata Aminullah. (*)

Editor: Rahmad
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarakaltim.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar