Penyerapan APBD Berau 2012 Capai Rp1,8 Triliun

Bupati Berau Makmur HAPK (Helda Mildiana/ANTARA)

Saya maunya, masa kepemimpinan yang kedua ini, prinsip saya ke depan masyarakat jangan sampai kesusahan, yang menyangkut kebutuhan masyarakat secara menyeluruh,"
Berita Terkait
Tanjung Redeb (ANTARA Kaltim) - Penyerapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, hingga November 2012 telah mencapai 80 persen atau sekitar Rp1,8 triliun.

"Syukur alhamdulillah, penyerapan anggaran tahun ini cukup menggembirakan dibanding tahun sebelumnya yang hanya 71 persen," kata Bupati Berau, Drs H Makmur HAPK MM, di Tanjung Redeb, Kamis.

Dia mengatakan, pihaknya optimistis bahwa penyerapan anggaran pada akhir Desember 2012 secara fisik 90 persen lebih, hanya saja yang rendah di sektor kegiatan-kegiatan rutin saja.

"Yang paling rendah penyerapannya sekretariat DPRD Berau, hanya 36 persen yang sudah dilaporkan, dari anggaran yang tersedia, itu dari kegiatan SPJ nya saja, untuk lainnya sudah bagus," jelas Makmur.

Dia menambahkan, menurut pengamatan untuk kegiatan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) serapan anggarannya juga sudah cukup bagus.

Makmur mengatakan, yang menjadi perhatian khusus masalah serapan anggaran ini selain DPU, yakni Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Pemuda dan Olahraga.

"Saya bersyukur juga, empat dinas ini sudah cukup bagus penyerapan anggarannya," kata Makmur.

Karena itu, lanjut Bupati Berau, setelah proyek-proyek ini selesai dikerjakan, masing-masing SKPD memberikan laporan secara rinci.

Misalnya, kata dia, dari segi sumber daya manusia (SDM) yang tersedia, dari pihak kontraktor sisi lemahnya, atau bisa jadi dari usulan Musrenbang sudah dua tahun lalu tetapi belum juga teralisasi.

"Terkadang hasil Musrenbang ini diserahkan begitu saja dari kepala kampung ke Pemda sehingga tidak jarang persoalan lahan itu menjadi kendala. Sementara masalah pembebasan lahan ini ada 10 syarat yang harus dipenuhi, setelah itu dilakukan penafsiran harga oleh tim independen," katanya.

Oleh sebab itu, Makmur berterimakasih kepada SKPD yang sudah menunjukkan kinerjanya yang jauh lebih baik sehingga penyerapan anggaran bisa dilakukan secara maksimal.

"Saya maunya, masa kepemimpinan yang kedua ini, prinsip saya ke depan masyarakat jangan sampai kesusahan, yang menyangkut kebutuhan masyarakat secara menyeluruh," tegas orang nomor satu di Berau itu. (*)

Editor: Arief Mujayatno
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarakaltim.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar